ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA SISWA KELAS VII DI SMP MA'ARIF NU 1 PATIKRAJA

Rizki, Wahyuningsih (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA SISWA KELAS VII DI SMP MA'ARIF NU 1 PATIKRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizki Wahyuningsih_Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb Pada Siswa Kelas VII SMP Ma'arif NU 1 Patikraja.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau gagasan yang baru dalam menghasilkan suatu cara dalam menyelesaikan masalah, menghasilkan cara baru, sebagai solusi alternatif. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif salah satunya adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar Kolb pada siswa kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan lokasi penelitian SMP Ma’arif NU 1 Patikraja. Subjek penelitian ini adalah semua siswa dari masing-masing gaya belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb, tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis yang digunakan memenuhi indikator berpikir kreatif (kefasihan, keluwesan, kebaruan). Analisis data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan tersebut kemudian diklasifikasikan ke dalam salah satu dari lima Tingkat Berpikir Kreatif (TBK). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa : 1) siswa dengan gaya belajar divergen berada pada TBK 3 (kreatif) dimana siswa memenuhi 2 indikator (kefasihan, keluwesan) dan TBK 1 (kurang kreatif) dimana siswa memenuhi 1 indikator (kefasihan); 2) siswa dengan gaya belajar asimilator berada pada TBK 3 (kreatif) dimana siswa memenuhi 2 indikator (kefasihan dan keluwesan) dan TBK 1 (kurang kreatif) dimana siswa memenuhi 1indikator (kefasihan); 3) siswa dengan gaya belajar konvergen berada pada TBK 4 (sangat kreatif) dimana siswa memenuhi 3 indikator (kefasihan, keluwesan dan kebaruan); 4) siswa dengan gaya belajar akomodator berada pada TBK 3 (kreatif) dimana siswa memenuhi 2 indikator (kefasihan dan keluwesan) dan TBK 0 (tidak kreatif) dimana siswa tidak memenuhi 3 indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Matematis, Tingkat Berpikir Kreatif, Gaya Belajar KOLB
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Rizki Wahyuningsih
Date Deposited: 16 Mar 2024 02:48
Last Modified: 16 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item