ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Nita, Diyah Safitri (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nita Diyah safitri_Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Lingkungan Belajar Siswa Kelas VIII di smp Negeri 2 Mrebet Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mengingat lingkungan belajar sangat menentukan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, baik dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun linkungan masyarakat, maka perlu dilakukan kajian lanjut terkait analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari lingkungan belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mrebet ditinjau dari lingkungan belajarnya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mrebet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes , wawancara dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui dan mengkategorikan lingkungan belajar siswa dengan menggunakan 15 butir pernyataan terkait masing-masing indikator lingkungan belajar. Tes digunakan untuk mengetahui dan menggambarkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan 4 soal dalam bentuk uraian. Wawancara dilakukan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dokumentasi meliputi foto ketika tes berlangsung, data nama siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mrebet dan hasil wawancara.Penelitian ini diikuti 32 siswa yang kemudian dipilih secara snowball berdasarkan kemampuan siswa dan kategori lingkungan belajar yaitu dua siswa kategori kemampuan tinggi dengan lingkungan belajar kondusif, dua siswa kategori kemampuan sedang dengan lingkungan belajar cukup kondusif dan dua siswa kategori kemampuan rendah dengan lingkungan belajar kurang kondusif.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa dengan kategori lingkungan belajar kondusif memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang tinggi, siswa dengan kategori lingkungan belajar cukup kondusif memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang dan siswa dengan kategori lingkungan belajar kurang kondusif memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan belajar, kemampuan berpikir kreatif, matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NITA DIYAH SAFITRI sdri
Date Deposited: 16 Mar 2024 04:00
Last Modified: 16 Mar 2024 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item