IMPLEMENTASI METODE PEER TUTHORING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

SENTARESIA, MUKHLISINA CHUSTRI (2024) IMPLEMENTASI METODE PEER TUTHORING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sentaresia M.C. _ Implementasi Metode Peer Tuhoring pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelajaran Bahasa Arab sering kali di anggap menjadi pelajaran yang sulit, namun suatu kesulitan dapat dihadapi dengan pemilihan metode yang tepat, guru Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto ketika menghadapi kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran Bahasa Arab, guru memilih metode Peer tuthoring atau tutor sebaya sebagai alternatif agar siswa bisa lebih mudah memahami materi yang di sampaikan oleh guru melalui penjelasan kembali dari teman sebaya mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan metode peer tuthoring dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dan untuk menganalisis apakah terdapat hambatan guru dalam mengimplementasikan metode peer tuthoring pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan penelitian kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan perwakilan peserta didik kelas VII. data dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. data di analisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi metode peer tutoring dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dibagi menjadi tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan penutupan. dalam penerapanya guru mengalami beberapa kendala dan solusi diantaranya : ketidakefektifan tutor, perbedaan gender, dan hubungan antar anggota kelompok yang kurang baik. Dengan berbagai kendala yang guru hadapi adapun solusi guru yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut antara lain : Intervensi guru, Pembentukan kelompok yang heterogen, Pemberian pelatihan dan motivasi Hasil pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dengan menggunakan metode peer tuthoring berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi siswa dalam proses penerimaan materi pembelajaran dengan tingkat pemahaman lebih sulit seperti dalam pembelajaran qawaid terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Tuthoring, Bahasa Arab, Implementasi
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 408 With respect to kinds of persons
400 Language > 409 Geographical and persons treatment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sentaresia Mukhlisina Chustri sdri
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:15
Last Modified: 15 Mar 2024 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23773

Actions (login required)

View Item View Item