ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DI MTS AS-SUBKIYAH KOTA BEKASI

Hasnna, Kariimah (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DI MTS AS-SUBKIYAH KOTA BEKASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hasnna Kariimah_Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar di MTs As-Subkiyah Kota Bekasi.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTS As-Subkiyah Kota Bekasi dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Pemahaman konsep matematika merupakan landasan penting dalam pembelajaran matematika yang efektif, namun sering kali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS As-Subkiyah Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat dipengaruhi oleh tingkat minat belajar. Siswa dengan minat belajar tinggi memiliki pemahaman konsep yang sangat baik dan menguasai semua indikator yang diuji. Siswa dengan minat belajar sedang memiliki pemahaman yang cukup, meskipun hanya menguasai sebagian indikator yang diuji. Sementara itu, siswa dengan minat belajar rendah masih belum memahami konsep matematika dengan baik dan hanya menguasai sebagian kecil indikator yang diuji. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa temuan pemahaman pada siswa. Pertama, siswa mengira bahwa suku adalah variabel yang berbeda dan tidak termasuk dalam konstanta. Kedua, siswa menganggap 2y sebagai dua suku yang terdiri dari 2 dan y. Ketiga, siswa mengira bahwa koefisien adalah pangkat yang ada pada variabel. Keempat, siswa berpikir bahwa konstanta adalah satu suku yang terdiri dari angka dan huruf yang menempel dan berada di sebelah kanan. Kelima, pada soal representasi matematis, siswa menambahkan dua gambar celengan dengan bentuk berbeda dan berpikir bahwa celengan adalah sejenis dan memiliki ruang untuk memasukkan uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Minat Belajar Siswa, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Hasnna Kariimah sdri
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:28
Last Modified: 06 Mar 2024 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item