PENGALAMAN KEAGAMAAN SANTRI DALAM PEMBACAAN AL-MA’TSURAT DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (ANALISIS TEORI WILLIAM JAMES)

ADITYA TAUFIQ, HIDAYAT (2024) PENGALAMAN KEAGAMAAN SANTRI DALAM PEMBACAAN AL-MA’TSURAT DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KUWARASAN KEBUMEN (ANALISIS TEORI WILLIAM JAMES). Skripsi thesis, UIN PROF KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADITYA TAUFIQ HIDAYAT_PENGALAMAN KEAGAMAAN AL-MA'TSURAT.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman keagamaan santri melalui kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat yang dibaca rutin setiap hari setelah sholat shubuh dan menjelang maghrib. Tergolong dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi struktural untuk kemudian dilakukan observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Adapun subjek penelitian ini yaitu 6 orang santri putra kelas 5 dan 6 ulya di Pondok Pesantren Al- Kamal. Teori yang diapakai dalam penelitian ini adalah teori pengalaman keagamaan milik William James yang meliputi ciri-ciri ineffability, transiency, noetic quality, passitivity juga ditambah ungkapan emosi dengan kategori religious fear, religious joy dan religious awe. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini adalah setelah kurang lebih 3 tahun rutin membaca Al-Ma’tsurat partisipan mengalami perasaan dekat dengan Tuhan, rezeki orang tua yang dipermudah, mudah memahami pelajaran dan menggapai apa yang diimpikan serta perasaan dilindungi serta dijauhkan dari perbuatan melanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Keagamaan, Al-Ma'tsurat, William James
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Sdr Aditya Taufiq Hidayat
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:07
Last Modified: 01 Mar 2024 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23756

Actions (login required)

View Item View Item