ANALISIS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON MATA PELAJARAN IPA

NISWATUN, KHASANAH (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON MATA PELAJARAN IPA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISWATUN KHASANAH_ANALISIS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON MATA PELAJARAN IPA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran CTL merupakan proses belajar mengajar yang mengaitkan materi dengan situasi kehidupan nyata siswa. Hal ini meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang melatarbelakangi MI Ma'arif NU Pasir Kulon menerapkan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan model pembelajaran CTL di MI Ma’arif NU Pasir Kulon mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang peneliti gunakan, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, analisis penerapan model pembelajaran CTL di MI Ma'arif NU Pasir Kulon mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisa rencana pembelajaran guru dari 7 komponen CTL, guru hanya melakukan 6 komponen CTL. Keenam komponen tersebut adalah konstruktivisme, penemuan, bertanya, komunitas belajar, pemodelan, dan refleksi. Namun, disini terdapat satu komponen yang belum tercapai adalah penilaian autentik atau penilaian sebenarnya. Berdasarkan hasil analisa juga dalam penerapan CTL ini dapat meningkatkan keaktifan siswa seperti siswa aktif mengajukan pertanyaan mengenai materi dalam proses pembelajaran, serta berpartisipasinya siswa dalam diskusi kelompok antar siswa lainnya untuk membantu pemecahan masalah dengan menyumbangkan pemikiran dan idenya dalam diskusi kelompok. Kedua, kendala pada penerapan model pembelajaran CTL di MI Ma'arif NU Pasir Kulon mata pelajaran IPA. Kendala dalam penerapan model pembelajaran CTL itu sendiri bahwasanya guru kurang maksimal saat menyampaikan pengarahan kepada siswa saat kegiatan diskusi terutama pada komponen kelompok belajar. Oleh karena itu, membutuhkan waktu lebih lama bagi guru untuk pengondisian siswa. Kendala lainnya juga bahwasanya guru dalam proses pembelajaran CTL dalam penggunaan media pembelajaran kurang menarik, hanya mengaitkan materi pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Sehingga siswa hanya terpaku dalam gambar yang diberikan oleh guru tanpa adanya praktik langsung dalam pembelajaran CTL, kurangnya mobilitas guru dalam mengajar serta kurangnya penggunaan sarana prasarana seperti LCD proyektor dalam proses pembelajaran berlangsung. Adanya faktor kendala tersebut maka dapat mengurangi keaktifan siswa saat mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Niswatun Khasanah sdri
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:38
Last Modified: 26 Feb 2024 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item View Item