IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU PANTAUAN SHALAT 5 WAKTU KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 01 PANDANSARI

IMRON, NURRUDIN (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU PANTAUAN SHALAT 5 WAKTU KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 01 PANDANSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IMRON NURRUDIN EFFENDI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU PANTAUAN SHALAT 5 WAKTU KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 01 PANDANSARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengimplementasian Pendidikan karakter melalui buku pantauan shalat 5 waktu di MI Ma’arif NU 01 Pandansari (2) Mengetahui kendala dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter melalui buku pantauan shalat 5 waktu di MI Ma’arif NU 01 Pandansari, (3) Mengetahui hasil implementasi pendidikan karakter melalui buku pantauan shalat 5 waktu di MI Ma’arif NU 01 Pandansari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif di mana obsevasi langsung ke tempat penelitian yaitu MI Ma’arif NU 01 Pandansari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini fokus kepada guru kelas IV, peserta didik kelas IV dan kepala sekolah MI Ma’arif NU 01 Pandansari. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah mengupayakan pengimplementasian pendidikan karakter khususnya kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Pandansari. Adanya media pembelajaran dalam proses pengimplementasian yaitu guru mampu menggunakan buku pantauan shalat 5 waktu di kelas IV dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Dari nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan, terdapat 4 nilai pendidikan karakter yang menurut peneliti berhasil diterapkan yaitu nilai karakter religius, jujur, disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IMRON NURRUDIN EFFENDI sdr
Date Deposited: 24 Feb 2024 04:00
Last Modified: 24 Feb 2024 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23746

Actions (login required)

View Item View Item