NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN PESAN DAKWAH DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS

AYU, DWI LESTARI (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN PESAN DAKWAH DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AYU DWI LESTARI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN PESAN DAKWAH DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Sehingga dalam dunia pendidikan pun harus mau mengikuti perkembangan ini, pendidikan Islam juga tidak bisa terlepas dari fenomena tersebut. Materi pendidikan Islam tidak hanya dapat disampaikan melalui cara-cara dasar seperti ceramah, tetapi diharapkan agar mampu memilik.i kreativitas dalam proses pembelajaran dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Pendidikan Islam pada zaman sekarang tidak hanya didapatkan di sekolah saj tau lembaga pendidikan formal lainnya. Ada berbagai macam cara salah satunya dengan cara menggunakan media pendidikan yang berisi cerita atau kisah-kisah yang dapat disesuaikan dengan umur peserta didik, salah satu contohnya seperti novel. Karena melalui cerita dapat menanamkan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga berdampak posi tif bagi pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan dan pesan dakwah dalam novel hati suhita karya khilma anis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian library research, melalui pengumpulan data yang menggunakan metode dokumentasi dan untuk metode analisis datanya menggunakan metode analisis isi (analysis content). Berdasarkan data, hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) nilai aqidah yang terdiri dari rukun iman. (2) nilai ibadah yang terdiri dari ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah (3) nilai akhlak yang terdiri dari akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terahdap Allah, akhlak terhadap Rasulullah, (4) pesan dakwah yang terdiri dari pesan dakwah akhlak, pesan dakwah syari 'ah, dan pesan dakwah akidah. Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Pesan Dakwah, N ovel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI, PENDIDIKAN ISLAM, PESAN DAKWAH, NOVEL
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AYU DWI LESTARI sdri
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:37
Last Modified: 20 Feb 2024 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item View Item