Masyarakat dan Sekolah yang Humanis (Perspektif Sosiologi Pendidikan)

Tutuk, Ningsih and M. Hamid, Samiaji (2024) Masyarakat dan Sekolah yang Humanis (Perspektif Sosiologi Pendidikan). Banyumas, Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir. ISBN 978-623-8185-38-2

[img]
Preview
Text
Kaver 2__Masyarakat & Sekolah yang Humanis.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16012024_Dummy_Masyarakat dan Sekolah yang Humanis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam era dinamis ini, di mana masyarakat dan pendidikan saling berinteraksi, buku ini membuka pintu menuju pemahaman mendalam tentang bagaimana sosiologi pendidikan dapat membentuk masyarakat dan sekolah yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. "Masyarakat dan Sekolah yang Humanis" mengajak pembaca pada perjalanan kritis melintasi lanskap sosial dan pendidikan untuk memahami esensi dari hubungan kompleks ini. Penulis, dengan cermat, membedah konsep-konsep sosiologi pendidikan yang mencerminkan keberagaman, ketidaksetaraan, dan dinamika sosial yang melibatkan individu dalam proses pendidikan. Menelusuri peran masyarakat sebagai agen pembentuk norma dan nilai, buku ini menyoroti bagaimana dinamika kehidupan sosial dapat membentuk atau menghambat proses pendidikan yang humanis. Dari perspektif sosiologi pendidikan, pembaca diajak untuk memahami bagaimana struktur sosial, kelompok, dan institusi memainkan peran kunci dalam membentuk identitas siswa. Analisis mendalam terhadap faktor-faktor seperti kelas sosial, gender, dan etnis mengungkapkan dampaknya terhadap pengalaman pendidikan, serta memberikan wawasan tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang inklusif. Buku ini juga merinci bagaimana sekolah dapat menjadi medan tempur untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan humanis. Dengan membahas peran guru, kepala sekolah, dan siswa dalam membentuk budaya sekolah yang inklusif, buku ini memberikan pandangan yang kaya akan strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang mempromosikan keadilan dan kesetaraan.

Item Type: Book
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:47
Last Modified: 06 Feb 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23728

Actions (login required)

View Item View Item