INTEGRASI SISTEM KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM ZAM CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Alfa, Khoerun Nisa (2024) INTEGRASI SISTEM KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM ZAM CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfa Khoerun Nisa_Integrasi Sistem Kurikulum Pesantren Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model integrasi sistem kurikulum pesantren dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI dan Budi Pekerti, Guru mata pelajaran Fiqih, Siswi Kelas VIII-G, dan Siswi Kelas IX-G. Adapun hasil penelitiannya adalah adanya integrasi kurikulum pesantren dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok untuk dapat menggabungkan dua mata pelajaran yang saling berkaitan satu sama lain dan tidak ada pengkotak-kotakan antara keduanya. Dengan ini, maka terdapat model integrasi kurikulum pesantren dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok dengan menggunakan model integrasi kurikulum disiplin ilmu (antar disiplin ilmu) yaitu model shared. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa model shared merupakan penggabungan antara dua mata pelajaran. Hal ini sesuai dengan penggabungan dua mata pelajaran yang diajarkan di SMP Muhammadiyah Boarding School Zam Zam Cilongok yaitu adanya mata pelajaran Fiqih dengan PAI dan Budi Pekerti. Kata Kunci: Integrasi, Kurikulum Pesantren, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTEGRASI, KURIKULUM PESANTREN, PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfa Khoerun Nisa sdri
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:03
Last Modified: 31 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23714

Actions (login required)

View Item View Item