MANAJEMEN PRODUKSI BERITA PADA PORTAL LPMSAKA.ID DALAM MENJAGA KUALITAS BERITA

Gema Sahara, Fadlila (2024) MANAJEMEN PRODUKSI BERITA PADA PORTAL LPMSAKA.ID DALAM MENJAGA KUALITAS BERITA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gema Sahara Fadlila_Manajemen Produksi Berita Pada Portal Lpmsaka.id Dalam Menjaga Kualitas Berita.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya media online di Indonesia, membuat adanya persaingan antara media online tersebut. Persaingan ini membuat media online berlomba-lomba menjadi yang tercepat dalam mempublikasi berita. karena itu, kerap kali media online mempublikasi berita tanpa memperhatikan akurasi. Meskipun unsur kecepatan dalam publikasi berita memang sangat penting, namun prinsip dari jurnalisme sendiri adalah verifikasi. Lpmsaka.id sebagai salah satu media online, selalu mengutamakan kualitas dalam setiap pembuatan berita. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen produksi berita pada portal lpmsaka.id dalam menjaga kualitas berita. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa manajemen produksi berita pada portal lpmsaka.id dalam menjaga kualitas berita berjalan dengan cukup baik. Pasalnya, pimpinan redaksi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan produksi berita telah melaksanakan empat fungsi dasar yang dikemukakan oleh George R. Terry yaitu planning (perencanaan), dimana proses perencanaan dilaksanakan dalam produksi berita lpmsaka.id mulai dari menetapkan tujuan, mendefinisikan situasi saat ini, mengidentifikasi hal-hal yang membantu dan menghambat tujuan, mengembangkan rencana. Organizing (pengorganisasian), dimana dalam proses pengorganisasian produksi berita di lpmsaka.id, pimpinan redaksi memberikan keleluasaan dan tidak mengekang para reporter untuk melakukan produksi berita. Actuating (pengarahan), dimana dalam proses pengarahan, pimpinan redaksi memberikan coordinating, motivating, communication, dan commanding kepada para reporter yang bertugas memproduksi berita. Controlling (pengawasan), dimana pimpinan redaksi melakukan beberapa hal dalam proses pengawasan, mulai dari menetapkan standar dan cara penilaianmengukur kinerja para anggotanya, mengukur apakah kinerja para anggota sesuai dengan standar atau sebaliknya, hingga melakukan tindakan koreksi serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Produksi, Berita
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gema Sahara Fadlila sdr
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:01
Last Modified: 31 Jan 2024 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item