INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL KEMASYARAKATAN PADA KOMUNITAS RELAWAN GERAK SEDEKAH CILACAP

Satriyo, Pambudi (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL KEMASYARAKATAN PADA KOMUNITAS RELAWAN GERAK SEDEKAH CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Satriyo Pambudi_Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Kemasyarakatan Pada Komunitas Relawan Gerak Sedekah Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan di kalangan komunitas relawan Gerak Sedekah Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dijalankan dalam paradigma pos positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan dilaksanakan secara rutin melalui pertemuan para pengurus dan para relawan yang diadakan dua kali dalam sebulan. Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan melibatkan proses di mana individu memahami, mengadopsi, dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam perilaku dan pola pikir mereka. Kedua, Internalisasi nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan pada komunitas Gerak Sedekah Cilacap meliputi beberapa tahapan, yaitu berupa receiving (menerima), responding (menanggapi), valuing (menilai), organizing (mengorganisasikan), dan characterizing (menokohkan) yang tercermin dalam berbagai macam program kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerak Sedekah Cilacap. Hasil temuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan sosial kemasyarakatan dapat diinternalisasi dan diimplementasikan dalam kegiatan rutin komunitas relawan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan program pendidikan sosial kemasyarakatan yang lebih efektif dan berkelanjutan di kalangan komunitas relawan dan kelompok sejenis. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Pendidikan Sosial Kemasyarakatan, Komunitas Relawan, Gerak Sedekah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Pendidikan Sosial Kemasyarakatan, Komunitas Relawan, Gerak Sedekah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Satriyo Pambudi sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:07
Last Modified: 29 Jan 2024 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item