PERSONAL BRANDING MA'RUF KHOZIN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Analisis Teori Peter Montoya Pada Akun Facebook Ma'ruf Khozin)

Farhan, Nur Effendi (2024) PERSONAL BRANDING MA'RUF KHOZIN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Analisis Teori Peter Montoya Pada Akun Facebook Ma'ruf Khozin). Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
FARHAN NUR EFFENDI_1717102012_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Brand pada dasarnya sangat melekat pada sebuah Corporate atau perusahaan saja, namun sebenarnya brand juga terdapat dalam diri individu yang lebih dikenal dengan personal branding. Upaya dalam membangun personal branding yang baik di era kecanggihan teknologi saat ini merupakan hal yang penting. Kontestasi dalam persaingan membangun personal branding saat ini dimudahkan dengan adanya internet. Penggunaan internet yang sangat mudah dalam mengaksesnya membuat lahan baru dalam membangun personal branding. Dampak kemudahan mengakses internet ini membuat tokoh masyarakat K.H. Ma’ruf Khozin memanfaatkan teknologi media sosial yaitu Facebook, segala bentuk aktifitas yang beliau lakukan sehari-hari selalu didokumentasi melalui foto, video ataupun tulisan yang beliau unggah melalui Facebooknya dari tanggal 05 Maret hingga 05 April, peneliti berusaha membedah terhadap pembentukan personal branding pada unggahan akun Facebooknya menggunakan The Eight Law of Personal Branding milik Peter Montoya apakah sesuai dengan kepribadian aslinya atau hanya sekedar pncitraan semata yang beliau lakukan untuk memnuhi konten di media sosial Facebooknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan model kualifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi, dengan menginterpretasikan dan menganalisis data-data yang ada berdasarkan teori yang digunakan peneliti untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada unggahan akun Facebook Ma’ruf Khozin dapat menunjukan bahwa personal branding K.H. Ma’ruf Khozin memenuhi kedelapan konsep personal branding milik Peter Montoya. K.H. Ma’ruf Khozin membuat spesialisasi dengan konsisten mengunggah kegiatan sehari-harinya melalui media sosial Facebook. Setiap unggahan yang di upload memiliki karakter yang menjadikan nama K.H. Ma’ruf Khozin dikenal oleh masyarakat. Namun untuk mengimbangi semua personal branding yang dilakukan K.H. Ma’ruf Khozin, peneliti mengambil sisi respon negatif terhadap unggahannya untuk mengimbangi apakah personal branding yang dilakukan tetap berhasil atau bisa dikatakan tidak berhasil. Kata Kunci: Personal branding, Tokoh Masyarakat, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Personal Branding, Tokoh Masyarakat, Media Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farhan Nur Effendi sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:58
Last Modified: 29 Jan 2024 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item