KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAYANAN PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Saptono, Saptono (2024) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAYANAN PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
SAPTONO_KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAYANAN PERKAWINAN DI KUA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Kualitas layanan ini sangat tergantung pada bagaimana komunikasi organisasi dilaksanakan. Untuk mencapai kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang optimal, komunikasi yang baik dan efisien antara petugas pelayanan dan masyarakat menjadi kunci utama. Dengan menjalin komunikasi yang transparan dan responsif, lembaga ini dapat memberikan informasi yang jelas dan memahami kebutuhan serta harapan masyarakat terkait perkawinan. Dampak positif dari komunikasi organisasi yang baik mencakup peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perkawinan. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini juga akan meningkat, menciptakan hubungan yang harmonis antara penyelenggara dan penerima layanan. Pada akhirnya, hal ini tidak hanya meningkatkan citra KUA Kecamatan Sokaraja, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam membangun kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap lembaga pemerintahan yang bersangkutan. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan komunikasi organisasi di KUA Kecamatan Sokaraja dapat menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa pelayanan perkawinan tidak hanya efisien tetapi juga memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat setempat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang fokus pada komunikasi organisasi KUA Kecamatan Sokaraja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Alasan pemilihan metode kualitatif adalah untuk memperoleh pemahaman dan analisis mendalam tentang dinamika komunikasi organisasi yang diterapkan oleh KUA kecamatan Sokaraja. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengkaji dinamika komunikasi organisasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sokaraja yang dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu kepemimpinan yang kuat, pemanfaatan teknologi informasi, dan budaya terbuka. Komunikasi yang efektif di KUA bukan hanya memungkinkan pertukaran informasi, tetapi juga menciptakan kepercayaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan keagamaan. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan yang mengganggu komunikasi organisasi di KUA. Hambatan pertama adalah adanya perbedaan persepsi dan pemahaman antara pimpinan dan anggota tim. Hambatan kedua adalah kurangnya pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Hambatan ketiga adalah budaya organisasi yang kurang terbuka dan inklusif. Hambatan keempat adalah kurangnya pelatihan keterampilan komunikasi. Kata Kunci : Pelayanan Perkawinan, Komunikasi Organisasi, Metode Kualitatif, Dinamika Komunikasi Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Perkawinan, Komunikasi Organisasi, Metode Kualitatif, Dinamika Komunikasi Organisasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saptono Saptono sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:54
Last Modified: 01 Feb 2024 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23693

Actions (login required)

View Item View Item