TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN KOIN APLIKASI SNACK VIDEO DENGAN SALDO SHOPPE PAY (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Snack Video di 5 Pondok Pesantren Mitra UIN Saizu Purwokerto)

Afifah, Nur Fauziah (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN KOIN APLIKASI SNACK VIDEO DENGAN SALDO SHOPPE PAY (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Snack Video di 5 Pondok Pesantren Mitra UIN Saizu Purwokerto). Skripsi thesis, UN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AFIFAH NUR FAUZIAH_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN KOIN APLIKASI _SNACK VIDEO DENGAN SALDO SHOPEE PAY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media sosial menjadi kebutuhan penting hidup manusia saat ini, selain menjadi tempat interaksi sosial serta untuk memperluas jenjang sosial bahwasanya media sosial ini yakni aplikasi snack video. Pada Aplikasi snack video terdapat fitur untuk pengguna aplikasi snack video dapat mengumpulkan koin snack video dan dapat ditukarkan dengan uang rupiah melalui saldo shopee pay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tinjauan Hukum Islam terhadap penukaran Koin Aplikasi Snack Video dengan saldo Shopee Pay di 5 Pondok Pesantren Mitra UIN Saizu Purwokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field reseach di 5 Pondok Pesantren Mitra UIN Saizu Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu proses penelitian berdasarkan presepsi pada suatu fenomena dengan pendekatannya datanya menghasilkan analisis deskriptif berupa kalimat secara lisan dari objek penelitian. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, wawancara, mencatat tindakan selanjutnya penyusunan data, pengklasifikanya yang kemudian dilanjutkan dengan penganlisaan data dan menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa, Koin yang dipeoleh dari tontonan yang mengandung unsur yang tidak sesuai dengan syariat dapat menjadikan haram uang yang diperoleh karena koin yang didapatkan tidak memenuhi syarat sarf yaitu suci barangnya (barangnya tidak najis), adapun yang dimaksud dengan suci barangnya, ialah barang yang dijualbelikan bukanlah barang yang dikualifikasikan sebagai benda najis atau digolongkan barang yang diharamkan. Bila pengguna bergabung ke program Creator Rewards dan video yang di buat mengandung unsur yang tidak sesuai dengan syariat koin yang diperoleh dan ditukarkan menjadi uang, uang yang diperoleh juga haram karena didapatkan tidak memenuhi syarat sarf yaitu suci barangnya (barangnya tidak najis), adapun yang dimaksud dengan suci barangnya, ialah barang yang dijualbelikan bukanlah barang yang dikualifikasikan sebagai benda najis atau digolongkan barang yang diharamkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Koin Aplikasi Snack Video, Saldo Shopee Pay, 5 Pondok Pesantren Mitra UIN Saizu Purwokerto.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Afifah Nur Fauziah sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:57
Last Modified: 29 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23690

Actions (login required)

View Item View Item