ANALISIS STRATEGI PROGRAM GERAKAN KOIN NU DALAM PENGHIMPUNAN DANA DI NU CARE-LAZISNU BANYUMAS

Fuad, Zein (2024) ANALISIS STRATEGI PROGRAM GERAKAN KOIN NU DALAM PENGHIMPUNAN DANA DI NU CARE-LAZISNU BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fuad Zein_Analisis Strategi Program Gerakan KOIN NU Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana di NU Care-lazisnu Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Organisasi masyarakat yang memenuhi kriteria dan telah mendirikan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah (LAZIS) salah satunya adalah Nahdlatul Ulama yaitu LAZISNU yang kemudian melakukan rebranding pada muktamar NU ke 31 menjadi NU Care LAZISNU di Solo pada tahun 2004. Dalam pelaksaannya, NU Care-LAZISNU Banyumas melakukan kegiatan penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah. Penghimpunan dana merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu, organisasi serta perusahaan untuk menginformasikan kepada orang lain serta mengundang dan mempengaruhi mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan penghimpunan yang ditawarkan oleh lembaga. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis bagaimana strategi penghimpunan dana di NU Care-LAZISNU Banyumas dan bagaimana evaluasi penerapannya dalam upaya meningkatkan penghimpunan dana KOIN NU. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah direktur NU Care-LAZISNU Banyumas, divisi program NU Care-LAZISNU Banyumas, divisi Fundraising NU Care-LAZISNU Banyumas dan beberapa masyarakat yang terdampak sosialisasi penghimpunan dana KOIN NU sebagai informan penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah dilakukan di NU Care-LAZISNU Kabupaten Banyumas mengenai strategi penghimpunan dana KOIN NU di NU Care-LAZISNU Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi Program Gerakan KOIN NU dalam meningkatkan pemghimpunan dana di NU Care-LAZISNU Kabupaten Banyumas dilakukan melalui penentuan target,membangun kerjasama dengan pengurus ranting dan MWCNU, serta program sosialisasi Gerakan KOIN NU yang dilakukan pada kegiatan atau event seperti agenda Fatayat, Muslimat, Pengajian Mingguan dan Lailatul Ijtima. Selain hal tersebut, pemberian motivasi dan pembekalan kepada petugas lapangan dalam penghimpunan dana serta melakukan pengawasan dengan melibatkan pihak NU Care-LAZISNU Kabupaten Banyumas dan para donatur melalui penghitungan dana KOIN NU secara langsung di rumah donatur maupun melalui website.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan KOIN NU, Fundraising, NU Care-LAZISNU Banyumas
Subjects: 700 The arts > 706 Organizations and management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Fuad Zein sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:33
Last Modified: 29 Jan 2024 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item View Item