BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI PANTI ASUHAN ANAK YATIM PIATU DAN TERLANTAR MASJID GELORA INDAH PURWOKERTO

Resmiyati, Resmiyati (2024) BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI PANTI ASUHAN ANAK YATIM PIATU DAN TERLANTAR MASJID GELORA INDAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RESMI + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seorang remaja dengan moral yang baik akan menjadi individu yang bertanggung jawab, memenuhi kewajiban mereka dan pada akhirnya menjalani kehidupan yang positif. Oleh karena itu, nilai-nilai moral sangat penting untuk menavigasi kehidupan, dan remaja membutuhkan bimbingan dalam pengembangan moral. Keadaan yang tidak menguntungkan, seperti masalah ekonomi atau keluarga, dapat memaksa beberapa remaja untuk tinggal di panti asuhan untuk melanjutkan hidup mereka. Mereka yang berada di panti asuhan harus beradaptasi dan mengembangkan moral mereka melalui perhatian dan bimbingan yang diberikan oleh lembaga. Salah satu metode untuk pengembangan moral adalah melalui bimbingan rohani Islam, yang bertujuan untuk menyelaraskan individu dengan ketetapan Allah untuk kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat. Penelitian ini berfokus pada pendeskripsian bimbingan rohani Islam dalam membina akhlak remaja putra di panti asuhan Masjid Gelora Indah Purwokerto, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi pengasuh, pengurus, dan sepuluh anak asuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan beberapa metode dan bentuk pelaksanaan kegiatannya. Faktor pendukung termasuk fasilitas yang memadai, dukungan dari luar, donatur yang membantu, dan anak asuh yang kooperatif. Faktor penghambatnya adalah usia remaja yang masih labil, latar belakang yang beragam, adaptasi dengan lingkungan baru, dan resistensi pribadi terhadap keadaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Pembinaan Akhlak, Remaja, Panti Asuhan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Resmiyati Resmiyati sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:50
Last Modified: 29 Jan 2024 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item View Item