ANDIANTO, ANDIANTO (2024) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SOKAWERA PADAMARA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ANDIANTO_DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA STUDI DI DESA SOKAWERA PADAMARA PURBALINGGA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SOKAWERA PADAMARA PURBALINGGA ANDIANTO NIM. 1917302098 Email: [email protected] Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Perkembangan ilmu teknologi saat ini mengalami kemajuan pesat yang membawa berbagai dampak signifikan dalam kehidupan rumah tangga. Salah satu produk teknologi yang popular adalah game online. Game online merupakan jenis permainan berbasis komputer atau handphone yang memanfaatkan jaringan internet. Kecanduan game online dapat memiliki dampak serius pada kehidupan rumah tangga apabila tidak bijak dalam menyikapinya. Fenomena seperti ini terjadi di Desa Sokawera Padamara Purbalingga, rumah tangga yang seharusnya menjadi jalan petunjuk agama dalam mewujudkan keluarga yang harmonis, sejahtera, dan bahagia namun kenyataanya menjadi tidak harmonis di sebabkan kecanduan game online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Sokawera Padamara Purbalingga Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) data diperoleh melalui wawancara dengan empat responden yang merupakan pengguna game online dan berstatus sebagai suami di keluarga yang terdampak. Analisis data dilakukan berdasarkan perspektif komunikasi keluarga, sistem keluarga, dan psikologi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dampak yang timbul dari penggunaan game online secara berlebihan dalam rumah tangga dapat berdampak sebagai berikut: terjadinya pertengkaran dengan intensitas yang sering, hak dan kewajiban suami isteri tidak terpenuhi, perekonomian keluarga terpengaruh, hak anak tidak terpenuhi, pengaruh terhadap peran dalam keluarga, dampak pada kualitas hubungan keluarga, eskapisme dan memperburuk masalah, kurangnya komunikasi dan keterlibatan antar anggota keluarga. Penggunaan game online secara berlebihan juga dapat berpengaruh terhadap pemenuhan hak dan kewajiban dalam keluarga. Beberapa responden mengalami ketidakpenuhan kewajiban suami terhadap istri dan anak, seperti memberi kasih sayang, memberi nafkah, dan menghabiskan qualitytime bersama keluarga. Kata kunci: Game Online, Rumah Tangga, Harmonis, Kualitatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Rumah Tangga, Harmonis, Kualitatif |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll) 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | ANDIANTO ANDIANTO sdr |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:41 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23672 |
Actions (login required)
View Item |