STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY BASED TOURIZM-CBT (Studi Pada Objek Wisata Air Terjun Curug Dhuwur Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang)

Ita, Novita sari (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY BASED TOURIZM-CBT (Studi Pada Objek Wisata Air Terjun Curug Dhuwur Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ITA NOVITA SARI 1917201032 Revisi setelah MUNAQ WATEMARK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembanagan sektor pariwisata merupakan salah satu upaya meningkatkan ekonomi suatu Negara. Namun sektor pariwisata masih memiliki beberapa kendala sehingga diperlukan adanya strategi pengembangan pariwisata oleh pemerintah daerah dan masyarakat lokal. Salah satu desa yang memiliki potensi pengembangan wisata ialah Desa Wanarata Kabupaten Pemalang. Desa Wanarata memiliki kawasan wisata alam yakni Air Terjun Curug Dhuwur yang terletak di Dukuh Karangpucung. Curug Dhuwur terletak di dalam hutan, akses jalan menuju lokasi akan melewati sawah dan tebing. Karena wilayah objek wisata terletak di kawasan perhutani dan pengelolaan kawasan wisata oleh masyarakat belum optimal, maka diperlukan adanya pemanfaatan sumberdaya yang konservatif dan berkelanjutan. Penelitian merumuskan strategi pengembangan wisata berbasis community based tourism, diawali dengan mengidentifikasi karakteristik kawasan wisata Curug Dhuwur sesuai indikator community based tourism. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata diperlukan strategi yang tepat. Sehingga penelitian ini merumuskan strategi pengembangan wisata berbasis community based tourism dengan menggunakan teknik analisis SWOT yang menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh wisata Curug Dhuwur. Hasil penelitian menunjukan kawasan wisata sesuai indikator community based tourism antara lain terdapat partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan komunitas pemuda menjadi pengelola wisata. Adapun aspek dukungan pemerintah bentuk pendampingan, pelatihan dan membuat kebijakan. Adapun prioritas strategi dikawasan wisata antara lain mengoptimalkan pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah kepada komunitas pemuda sebagai pengelola wisata. Selain itu memberikan penyuluhan, pelatihan, serta membuka wawasan komunitas. Serta merencanakan dan membuat kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk menunjang wisata sekaligus pemanfaatan sumberdaya yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi, Pariwisata, CBT, Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ita Novita Sari sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:01
Last Modified: 29 Jan 2024 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23664

Actions (login required)

View Item View Item