MANAJEMEN KELAS BERBASIS DIFERENSIASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TEGAL

Eka Nurma, Sulistiya (2024) MANAJEMEN KELAS BERBASIS DIFERENSIASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TEGAL. Masters thesis, UIN.PROF K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EKA NURMA SULISTIYA_MANAJEMEN KELAS BERBASIS DIFERENSIASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TEGAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan kelas dengan upaya memperhatikan dan menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan siswa disebut pengelolaan kelas berbasis diferensiasi. Penerapan pengelolaan kelas berbasis diferensiasi tentunya sejalan dengan penerapan kurikulum mandiri yang diproyeksikan pada dua aspek, yaitu profil siswa Pancasila dan profil siswa Rahmatan Lil. 'alami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengelolaan kelas berbasis diferensiasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal, sehingga ruang lingkup penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan mengidentifikasi kemampuan calon guru dalam merencanakan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), RPP, media dan metode. Pengorganisasian dilakukan dengan cara meninjau kegiatan yang telah direncanakan dan membaginya menjadi beberapa tugas dan membaginya menjadi beberapa sub kegiatan. , menentukan personel yang mempunyai kemampuan dan kemampuan dalam mendukung pengelolaan kelas berbasis diferensiasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal. Implementasinya dilakukan dengan menciptakan suasana kelas yang nyaman dan produktif bagi seorang guru dalam pengelolaan kelas berbasis diferensiasi kemudian memodifikasi isi, proses, produk dan pengaruhnya untuk mengembangkan pengajaran yang memaksimalkan peluang setiap siswa untuk pertumbuhan akademik, dan supervisi dilakukan dengan akademik. pengawasan dilakukan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, umpan balik dan tindak lanjut. Kata kunci: Manajemen Kelas, Diferensiasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Diferensiasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Nurma Sulistiya sdr
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:56
Last Modified: 06 Feb 2024 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item