POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS SPEAKER MUDA INDONESIA DALAM MEREKRUT ANGGOTA BARU MELALUI INSTAGRAM (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL KOMUNIKASI KOMUNITAS SPEAKER MUDA INDONESIA)

Maha Alfi, Rizqiana (2024) POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS SPEAKER MUDA INDONESIA DALAM MEREKRUT ANGGOTA BARU MELALUI INSTAGRAM (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL KOMUNIKASI KOMUNITAS SPEAKER MUDA INDONESIA). Skripsi thesis, UIN prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAHA ALFI RIZQIANA_POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS SPEAKER MUDA INDONESIA DALAM MEREKRUT ANGGOTA BARU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya suatu aktivitas komunikasi akan membentuk pola komunikasi, begitu juga komunikasi yang termediasi oleh media sosial seperti Instagram dimana komunikasi bergantung pada media untuk dapat saling terhubung. Media sosial Instagram dimanfaatkan oleh perusahaan, organisasi maupun komunitas sebagai media komunikasi dan media promosi karena Instagram menyediakan fasilitas yang mudah dijangkau dan digunakan oleh khalayak umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi komunitas Speaker Muda Indonesia dalam merekrut anggota baru melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis etnografi virtual analisis media siber yang ditawarkan oleh Rulli Nasrullah dengan empat level yaitu level ruang media, dokumen media, objek media, dan pengalaman media untuk menganalisis terkait pola komunikasi. Penulis menggunakan etnografi virtual untuk melihat fenomena sosial kultur budaya dari pengguna siber. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi secara online dan juga dokumentasi. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh komunitas Speaker Muda Indonesia dalam merekrut anggota baru melalui Instagram ini menggunakan pola komunikasi yang dicetuskan oleh DeVito yakni pola komunikasi Roda dan Pola komunikasi Semua Saluran atau Bintang. Pola komunikasi ditinjau dengan metode etnografi virtual Analisis Media Siber menghasilkan: 1) pada level ruang media membentuk pola komunikasi Roda. 2) level dokumen media membentuk adanya pola komunikasi Roda. 3) level Objek Media membentuk pola komunikasi Roda dan Pola Komunikasi Semua Saluran. 4) pada level pengalam media membentuk adanya motiv bergabung dalam komunitas Speaker Muda Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunitas, Instagram, Etnografi Virtual
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maha Alfi Rizqiana sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:22
Last Modified: 29 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item View Item