KEPEMIMPINAN K.H. MUHAMMAD THOHA ALAWY DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE BANYUMAS (1992-2023)

Isna, Yulda Yanu Anugrah (2024) KEPEMIMPINAN K.H. MUHAMMAD THOHA ALAWY DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE BANYUMAS (1992-2023). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isna Yulda Yanu Anugrah_KEPEMIMPINAN K.H. MUHAMMAD THOHA ALAWY DI PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE BANYUMAS (1992-2023).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan suatu pondok pesantren dipengaruhi oleh adanya unsur dominan pada pondok pesantren yaitu kepemimpinan sang kiai. Kepribadian sang kiai dan gaya kepemimpinannya dapat menentukan kemajuan pondok pesantren melalui kebijakan, sistem pendidikan, tata pengelolaan, serta sarana dan prasarana yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang memiliki empat tahapan yaitu Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode sejarah lisan. Sumber sejarah lisan pada penelitian ini yaitu wawancara dengan beberapa tokoh. Sedangkan sumber tulisan pada penelitian ini menggunakan sumber sejarah tulisan yang berasal dari buku, jurnal, skripsi, dan web. Peneliti menganalisis mengenai kepemimpinan K.H. Muhammad Thoha Alawy di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dengan menggunakan teori kepemimpinan Max Webber yang membagi kepemimpinan menjadi tiga macam yaitu kepemimpinan tradisional, kepemimpinan kharismatik, dan kepemimpinan legal-rasional.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan K.H. Muhammad Thoha Alawy di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Parakanonje Banyumas termasuk kedalam kepemimpinan tradisional dan kepemimpinan kharismatik seorang pemimpin. Kepemimpinan tradisional dilihat dari sistem kepemimpinannya yang masih turun temurun kepada para putra ataupun putri kiai meskipun ia merupakan pendiri sekaligus pengasuh pondok pesantren sampai sekarang. Sedangkan kepemimpinan kharismatik dapat dilihat dari kharisma yang dimilikinya sebagai pemimpin yang disiplin tegas terhadap apa yang menurutnya tidak sesuai, selain itu karena sanad keilmuan Al-Qur’annya dekat dengan Nabi sehingga menyebabkan pengikutnya patuh terhadap kepemimpinannya/ oleh pemimpin sehingga menyebabkan ia diakui oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pondok Pesantren, Kharismatik
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Isna Yulda Yanu Anugrah sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:13
Last Modified: 29 Jan 2024 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23634

Actions (login required)

View Item View Item