LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA/SMK DI CILACAP TAHUN 2023

Feri, Paryanto (2024) LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA/SMK DI CILACAP TAHUN 2023. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FERI PARYANTO_LITERASI...DI CILACAP TAHUN 2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi media digital (media digital literacy) menjadi sebuah kunci penting dalam menghadapi berbagai fenomena teknologi informasi yang ada sekarang. Pada era serba digital seperti sekarang ini, perkembangan media digital dan teknologi informasi memberikan tantangan bagi pengguna dalam mengakses, memilih, dan memanfaatkan informasi serta kemampuan dalam menelusuri informasi tersebut membutuhkan ketepatan dan kualitas informasi yang diperoleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi Literasi Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Di Cilacap, apa saja kompetensi Literasi Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Di Cilacap, dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI berkaitan dengan Literasi Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Di Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, objek penelitian adalah Kepala sekolah dan guru PAI SMA/SMK Di Cilacap. Tempat penelitian adalah SMA Negeri 1 Kedungreja dan SMK Darul Ulum Sidareja. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti adalah alat penelitian utama dengan bantuan panduan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, visualisasi data, verifikasi, dan validasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kedungreja dan SMK Darul Ulum Sidareja sudah memiliki kemampuan dasar dalam menerapkan beberapa model pembelajaran berbasis teknologi digital, dengan bantuan pihak sekolah dalam aspek penguatan kurikulum yaitu dalam proses pembelajaran yang memperbolehkan mengakses media berbasis teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia yang didukung oleh pihak sekolah dengan diadakanya pelatihan peningkatan literasi digital bagi guru. Namun ada beberapa kendala seperti persoalan jaringan dalam mengajar serta tidak meratanya kepemilikan handphone atau tidak semua siswa memiliki smartphone untuk mendukung proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Media, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feri Paryanto sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:14
Last Modified: 29 Jan 2024 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23632

Actions (login required)

View Item View Item