PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB MADRASAH DINIYAH AL HUDA TLAHAB KIDUL KARANGREJA PURBALINGGA

Risa, Sasiningtyas (2024) PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB MADRASAH DINIYAH AL HUDA TLAHAB KIDUL KARANGREJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Risa Sasiningtyas_Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul Karangreja Purbalingga.edit (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman mufrodat pada siswa, baik dalam pengucapan, pelafalan, penulisan, serta kurangnya keaktifan saat proses pembelajaran di kelas. Maka diperlukan metode pembelajaran yang aktif dan efektif yang harus diterapkan di dalam kelas, contohnya dengan menerapkan metode pembelajan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufrodat Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul Karangreja Purbalingga. Sehingga dirumuskan sebuah masalah mengenai Bagaimana Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul Karangreja Purbalingga? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi lapangan (study field) melalui pengamatan realita sosial dan interaksi di lapangan. Data dikumpulkan di lapangan yaitu di Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa kerangka konsep mengenai metode mimicry memorization, yang mana metode tersebut menurut Henry Guntur Tarigan merupakan metode pembelajaran dengan mengandalkan kemampuan berkomunikasi, mendengar dan konsentrasi dalam menghafal. Hasil dari penelitian Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul Karangreja Purbalingga menyebutkan bahwa metode mimicry memorization kurang diterapkan, hal tersebut terjadi karena terbatasnya waktu dilihat dari jam pembelajarannya yang hanya 1 jam. Dalam waktu tersebut dibagi dalam beberapa kegiatan, seperti pembiasaan tartil per siswa, serta menulis materi mufrodat yang cukup memakan waktu. Selain itu, minimnya guru yang mahir dalam mengajar Bahasa Arab menjadikan terhambatnya penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al Huda Tlahab Kidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mimicry Memorization, Mufrodat, Bahasa Arab2024
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risa Sasiningtyas sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:02
Last Modified: 29 Jan 2024 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23619

Actions (login required)

View Item View Item