BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN BAGI SISWA SMP ISTIQOMAH SAMBAS BOARDING SCHOOL PURBALINGGA

Amar, Mustafan (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN BAGI SISWA SMP ISTIQOMAH SAMBAS BOARDING SCHOOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
AMAR MUSTAFAN_BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN BAGI SISWA SMP ISTIQOMAH SAMBAS BOARDING SCHOOL PURBALINGGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Memelihara Al-Qur’an merupakan sebuah kewajiban bagi kita seorang muslim, salah satu cara memelihara Al-Qur’an yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara menghafal Al-Qur’an. Dalam meghafal Al-Qur’an tidak serta merta gampang dan mulus. Terkadang mengalami hambatan-hambatan atau masalah-masalah yang muncul dari diri sendiri ataupun dari lingkungan. Maka dari itu perlulah adanya bimbingan untuk meningkatkan motivasi sehingga menumbuhkan semangat menghafal. Hal ini seperti yang telah dijalankan di SMP Istiqomah Sambas Boarding School Purbalingga. SMP Istiqomah Sambas Boarding School Purbalingga merupakan sekolah dengan program unggulan tahfizul quran dengan model bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Siswa di SMP Istiqomah Sambas Boarding School Purbalingga. Penelitiaan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif/ penelitian lapangan yaitu penelitian yang pengambilan datanya di lapangan dan juga ditunjukan untuk menyajikan data dan menganalisis data sesuai apa yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dengan langkah-langkahnya pertama reduksi data, kedua penyajian data dan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian yang dapat penulis ungkapkan bahwa proses bimbingan kelompok yang dilakukan di SMP dilakukan setiap hari oleh pembimbing dan dilakukan sesuai dengan tahap-tahapan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok cukup efektif untuk meningkatkan motivasi menghafal siswa, hal ini bisa dilihat dari buku prestasi siswa dan hasil dari pengamatan. Yang mana antara siswa yang banyak mendapat suport/ motivasi baik dari dalam ataupun luar lebih semangat menghafal daripada tidak. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Tahfizul Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Tahfizul Qur’an
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amar Mustafan sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:56
Last Modified: 02 Feb 2024 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23614

Actions (login required)

View Item View Item