BIMBINGAN PRANIKAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSI PADA CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KARANGMONCOL 1 KABUPATEN PURBALINGGA

Esti, Yuliamah (2024) BIMBINGAN PRANIKAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMATANGAN EMOSI PADA CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KARANGMONCOL 1 KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img] Text
Esti Yuliamah 1917101254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasangan pengantin yang melangsungkan akad nikah dini sangatlah rentan terhadap masalah yang bisa menghambat kematangan emosi. Kematangan emosi merupakan hal yang urgent bagi calon pengantin khususnya usia muda. Bimbingan pra nikah sebagai bekal calon pengantin, proses pendidikan, yang dapat memberikan peningkatan secara psikologis dalam kematangan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pra nikah di KUA kecamatan Karangmoncol 1 dan untuk mengetahui bagaimana bimbingan pranikah dalam meningkatkan kematangan emosional calon pasangan pengantin di KUA kecamatan Karangmoncol 1. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitian calon pasangan pengantin di KUA Kecamatan Karangmoncol 1, kepala KUA, dan fasilitator bimbingan pranikah. Kemudian teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis penelitian ini menggunakan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Karangmoncol 1 merupakan implementasi dari perubahan Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022. Kegiatan bimbingan pra nikah tersebut bertujuan untuk membekali dan meningkatkan pemahaman kepada calon pasangan pengantin tentang kehidupan rumah tangga agar bisa mencapai keluarga yang sakinah, mengurangi angka perceraian, dan kekerasan rumah tangga. Kegiatan tersebut menerapkan dua metode yaitu metode mandiri dan metode klasikal dengan materi yang mengacu pada juklak bimbingan pra nikah dan buku fondasi keluarga sakinah dari Bimas Kemenag. Materi dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh fasilitator yang sudah tersertifikasi dan profesional di bidang psikologi serta kesehatan. 2) Bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Karangmoncol 1 dapat membantu meningkatkan kematangan emosional pada calon pasangan pengantin, terutama dilihat dari dua unsur bimbingan pra nikah yaitu materi (mengelola poskologi dan dinamika keluarga) dan metode (ceramah, diskusi, tanya jawab). Materi dan metode bimbingan tersebut mampu meningkatkan kematangan emosional calon pasangan suami istri dilihat dari empat aspek yaitu: a) aspek penerimaan diri berupa rasa yakin menerima kekurangan dan kelebihan dirinya serta pasangannya, b) aspek kontrol emosi berupa ketenangan dalam menghadapi masalah, c) aspek berfikir objektif berupa cara bertindak yang disesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang dialami, d) aspek tanggung jawab berupa pemahaman peran suami istri dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan pranikah, kematangan emosional calon pasangan pengantin
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 103 Dictionaries of philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ESTI YULIAMAH sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:52
Last Modified: 01 Feb 2024 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item