METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Eko Panji Hidayat, 1123301055 (2016) METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
EKO PUJI HIDAYAT_METODE PEMBELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan berfokus pada metode pembelajaran fiqih di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. Adapun latar belakang dari penelitian ini yakni adanya beberapa metode dan kegiatan yang digunakan dan dinilai berhasil serta mendapat tanggapan yang postif dari santri. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran fiqih di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini secara umum ada tiga yakni: pertama, teori tentang sistem pendidikan pondok pesantren yang meliputi pengertian pondok pesantren, tujuan pendidikan pondok pesantren, sistem pengajaran pondok pesantren, kurikulum pendidikan pondok pesantren, prinsip dan ciri pendidikan pondok pesantren, dan elemen-elemen pondok pesantren. Kedua, teori tentang pelajaran fiqih di pondok pesantren dan yang ketiga adalah teori tentang metode pembelajaran fiqih di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran yang ada di lapangan secara jelas dan terperinci. Untuk mencari data-data yang ada di lapangan, maka dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, maka dilakukan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren Al Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas menggunakan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran fiqih yang digunakan adalah sorogan (kiai membacakan beberapa baris isi kitab dengan maknanya kemudian santri mengulangi bacaannya), bandongan (kiai membacakan dan menjelaskan isi kitab, santri mendengarkan dan memberi makna), wetonan (kiai membacakan isi kitab, santri diam dan pasif), syawir (beberapa kelompok santri secara aktif membahas permasalahan), dan muhadasah (santri menghafal kosa kata dan berlatih bercakap-cakap dengan bahasa Arab) dan PPI (praktek pengamalan ibadah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Fiqih dan Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:56
Last Modified: 04 Apr 2017 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item