Implementasi Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Rantang Siaga Bagi Masyarakat Kurang Mampu Oleh Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang Kejobong Purbalingga

Ruswanti, Ruswanti (2024) Implementasi Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Rantang Siaga Bagi Masyarakat Kurang Mampu Oleh Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang Kejobong Purbalingga. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img] Text
Skripsi Ruswanti 2017101264- FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karang Taruna Bina Remaja berinisiatif untuk mengganti kegiatan sosial yang telah rutin mereka laksanakan sejak sebelum adanya Covid-19 dalam bentuk pemberian bantuan sembako yang dibagikan secara langsung kepada sebagian masyarakat desa Timbang dengan beberapa kriteria khusus menjadi pemberian makanan siap santap, sehingga siap untuk dikonsumsi secara langsung, dan untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang layak mendapatkan bantuan tersebut. Karena terinspirasi dari kegiatan “Rantang Berkah” maka kegiatan pembagian makanan siap santap tersebut kemudian diberi nama “Rantang Siaga” oleh Karang Taruna Bina Remaja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola pelaksanaan Kegiatan Rantang Siaga yang dilakukan oleh Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga dan Mendeskripsikan implementasi Kepedulian Sosial Dalam Masyarakat melalui Kegiatan Rantang Siaga Oleh Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Dengan subyek penelitian adalah penerima program rantang siaga sejumlah 10 orang, pelaksana rantang siaga ketua dan pengurus Karang Taruna Bina Remaja Timbang 2 orang dan tokoh masyarakat 2 orang. Metode penelitian yang digunakan peneliti ialah metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang sumber datanya berupa data kata, kalimat atau gambaran. Menurut Cresswell (2008) dalam J., R., Raco metode ini diartikan sebagai proses pencarian dan pengertian terhadap suatu kejadian khusus melalui penelitian kepada informan, dengan hasil data berupa kata ataupun teks. Dengan sumber data primer yaitu penerima manfaat kegiatan rantang siaga, pelaksana rantang siaga yaitu pengurus karang taruna dan tokoh masyarakat, dari hasil penelitian didapat hasil banwa kegiatan Rantang siaga ini tepat sasaran dan lebih praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rantang Siaga, Kepedulian Sosial, Karang Taruna
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ruswanti Ruswanti sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:15
Last Modified: 01 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item