ANALISIS METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN (Studi Kasus Di Warung Nyamplungan)

Lili, Rahayu Usfatun Khasanah (2024) ANALISIS METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN (Studi Kasus Di Warung Nyamplungan). Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lili Rahayu Usfatun Khasanah_Analisis Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Terhadap Peningkatan Pendapatan (Studi Kasus di Warung Nyamplungan).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Analisis Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) Terhadap Peningkatan Pendapatan (Studi Kasus Di Warung Nyamplungan). Lili Rahayu Usfatun Khasanah NIM. 214120100003 Abstrak Kendala yang harus dihadapi oleh industri kuliner adalah persaingan antar pelaku usaha. Sebuah usaha harus mempunyai strategi yang tepat untuk lebih unggul dari pesaingnya. Usaha dikatakan unggul jika berhasil menganalisis kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi pada suatu usaha dengan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha. Faktor internal dan eksternal dapat diidentifikasi dengan analisis QSPM. Secara konseptual QSPM menentukan daya tarik relatif dari berbagai strategi berdasarkan sejauh mana faktor kesuksesan kunci internal dan eksternal dimanfaatkan atau ditingkatkan. Daya tarik relatif untuk setiap strategi dalam seperangkat alternatif dihitung dengan menentukan dampak kumulatif dari setiap faktor kesuksesan internal dan eksternal yang penting yang menghasilkan strategi strategi yang dapat digunakan perusahaan. Lokus Penelitian ini pada Warung Nyamplungan milik Pondok Pesantren Nurul Huda cilongok. Penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana Analisis Metode QSPM terhadap peningkatan pendapatan di Warung Nyamplungan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Dalam proses pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan tekhnik analisis observasi partisipatif, wawancara mendalam terhadap narasumber dan telaah dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian disusun pada analisis IFE dan EFE serta Menentukan strategi pada analisis SWOT dan pengambilan keputusan strategis dengan analisis QSPM. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa kondisi Warung Nyamplungan berada pada kuadran 1 yaitu mempunyai kekuatan dan peluang. Nilai TAS pada analisis QSPM sebesar 7,6 yaitu pada strategi SO. Strategi yang dapat dilakukan diantaranya melestarikan nuansa pedesaan dengan menu yang mendukung, Memperbaiki kualitas pelayanan, mempertahankan kualitas produk dan memperluas jaringan pemasaran. Kata Kunci :, Analisis SWOT, Analisis QSPM, Peningkatan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Analisis QSPM, Peningkatan Pendapatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: LILI RAHAYU USFATUN KHASANAH sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:16
Last Modified: 29 Jan 2024 01:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23596

Actions (login required)

View Item View Item