MODEL IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KEBERHASILAN USAHA UMKM STUDI KASUS KSPPS HANADA QUWAIS SEMBADA KC. PURWOKERTO

FAFA, FARAH (2024) MODEL IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KEBERHASILAN USAHA UMKM STUDI KASUS KSPPS HANADA QUWAIS SEMBADA KC. PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FARAH SELVIATUZ ZAHRO_MODEL IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KEBERHASILAN USAHA UMKM STUDI KASUS KSPSS HANADA QUWAIS SEMBADA KC. PURWOKERTO..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan, termasuk ketersediaan pembiayaan usaha, merek, promosi, relasi, dan antusiasme untuk menjadi seorang wirausahawan. Kegiatan operasional KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto mampu mengembangkan jumlah nasabah dari tahun ke tahun yang ditentukan oleh strategi pemasaran atau bauran pemasaran, namun masih terdapat tantangan seperti karakteristik nasabah yang bervariasi sebagai konsekuensi dari pembiayaan macet. Pemasaran di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto menggunakan analisis 5C+1S untuk menganalisa nasabah sebelum melakukan pencairan pembiayaan murabahah. Tujuan dari adanya penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan produk pembiayaan murabahah di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto. Kedua, untuk mengetahui rencana pemasaran pembiayaan murabahah di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto. Ketiga, mengetahui bagaimana keberhasilan produk pembiayaan murabahah usaha UMKM di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto. Data dikumpulkan melalui prosedur observasi, ada wawancara, serta adanya dokumentasi. Selain itu, data dinilai dengan menggunakan analisis SWOT, yang meliputi kekuatan, ancaman, peluang, dan kelemahan. Data akan diperiksa valid tidaknya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pada tahap akhir. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto menggunakan unsur 4P dalam melaksanakan strategi pemasaran. Harga margin disesuaikan dengan mengikuti harga pasar, produk pembiayaan murabahah merupakan produk unggulan di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC.Purwokerto. Selanjutnya untuk lokasi, KSPPS Hanada. Quwais Sembada berada di lokasi strategis, dan KSPPS Hanada Sembada KC. Purwokerto dalam melakukan promosi menggunakan penjualan langsung untuk memasarkan usahanya. Keberhasilan ’produk pembiayaan pada usaha UMKM di KSPPS Hanada Quwais Sembada KC. Purwokerto ditandai adanya peningkatan tenaga kerja, peningkatan pendapatan, kelangsungan usaha, serta tersedianya sumber daya baku perusahaan yang merupakan indikator keberhasilan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keberhasilan Usaha, Strategi Pemasaran, SWOT, Pembiayaan Murabahah
Subjects: 000 Generalities > 010 Bibliography
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: FARAH SELVIATUZ ZAHRO sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:44
Last Modified: 29 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23594

Actions (login required)

View Item View Item