EFEKTIVITAS PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI SANDAL BANDOL (STUDI KASUS DISTRIBUTOR HOME INDUSTRY “COMMET" DESA BANARAN, KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS)

Eka, Nuraini (2024) EFEKTIVITAS PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI SANDAL BANDOL (STUDI KASUS DISTRIBUTOR HOME INDUSTRY “COMMET" DESA BANARAN, KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1817201007 - Eka Nuraini Skripsi Print.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting untuk mendukung berlangsungnya perkembangan suatu perusahaan. Pengawasan sumber daya manusia merupakan proses pemantauan manusia sebagai tenaga kerja, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal agar tujuan organisasi dapat tercapai. Begitu juga pada Home Industry Sandal Bandol “Commet” di Desa Banaran, Kecamatan Purwokerto Barat yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dengan jumlah karyawan sebanyak 14 orang. Dengan banyaknya karyawan tersebut tentu dibutuhkan sistem pengawasan kinerja karyawan guna meningkatkan porduksi dalam home industry tersebut. Tujuan dari pengawasan yaitu guna mendorong karyawan lebih giat untuk bekerja sehingga dapat meningkat kinerja karyawan tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui sistem pengawasan yang dilaksanakan serta efektivitas dari sistem pengawasan tersebut dalam meningkatkan produksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek peneitian ini adalah sistem pengawasan sumber daya manusia serta subjek penelitian ini adalah pemilik dan karyawan Home Industry Sandal Bandol “Commet”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (sumber, waktu, teknik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sistem pengawasan yang dilakukan yaitu pengawasan pada saat kegiatan, pengawasan langsung, pengawasan produksi. Sedangkan berdasarkan indikator efektivitas diperoleh hasil sebagai berikut: pemahaman program sudah cukup efektif, ketepatan sasaran sudah tepat sasaran atau sudah efektif, ketepatan waktu masih belum efektif, tercapainya tujuan masih belum efektif, perubahan nyata sudah cukup efektif. Kata kunci: Efektivitas, Pengawasan SDM, Produksi, Home Industry

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengawasan SDM, Produksi, Home Industry
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eka Nuraini
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:19
Last Modified: 29 Jan 2024 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23577

Actions (login required)

View Item View Item