PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DENGAN KESADARAN HALAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Nafis, Muhtar Alfaqih (2024) PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DENGAN KESADARAN HALAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nafis Muhtar Alfaqih_Pengaruh Perilaku Konsumtif, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dengan Kesadaran Halal Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Munculnya ekonomi Islam melahirkan perilaku komsumsi halal dimana hal tersebut memicu masyarakat untuk membeli produk halal. Belakangan ini kebutuhan akan produk halal semakin meningkat, hal ini membuat industri halal berkembang tidak hanya pada tingkat nasional melainkan hingga tingkat global. Berdasarkan pra riset yang telah dilakukan peneliti dengan menyebar 25 kuisioner kepada mahasiswa S1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, menghasilkan 25 mahasiswa mengetahui bahwa terdapat produk tanpa label halal dan 21 diantaranya pernah mengonsumsinya. Hasil ini menimbulkan masalah dimana responden menghiraukan sebuah label halal pada kemasan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perilaku konsumtif, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian produk makanan dengan kesadaran halal sebagai variabel intervening di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuisioner. Populasi ditentukan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Sampling Kuota dengan kriteria mahasiswa S1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, pernah membeli produk makanan UMKM minimal 1 kali. Hasil penelitian uji path analyze dengan sobel test menghasilkan kesadaran halal hanya dapat memediasi harga terhadap keputusan pembelian produk makanan pada mahasiswa S1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan tidak dapat memediasi perilaku konsumtif dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk makanan pada mahasiswa S1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian. Menambah variabel baru seperti Kualitas Produk, Halal Lifestyle, Religiusitas, Bahan Makanan, Sertifikasi Halal. Kebaharuan produk yang diteliti seperti produk kecantikan, obat obatan, alat rumah tangga dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Citra Merek, Harga, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian, Produk Makanan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NAFIS MUHTAR ALFAQIH sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:45
Last Modified: 29 Jan 2024 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item