BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN MANARUL QURO DESA TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA

Muriyah, Muriyah (2024) BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN MANARUL QURO DESA TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Syaifuddin Zuhri.

[img] Text
skripsi muriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Santri penghafa lAl-Qur'an membutuhkan pengawasan dan pembimbingan yang konstan dari guru atau pembimbing. Mereka perlu diberikan arahan dan dukungan dalam hal teknik penghafalan, tajwid (bacaan yang benar), serta pemahaman konteks ayat-ayat yang dihafal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bimbingan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Dalam Menghafal Al Qur’an Di Pondok Pesantren Manarul Quro Desa Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu pengasuh dan pengurus pondok, serta sumber data sekunder meliputi : foto, dokumen, dan santri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data pada penelitian ini diawali dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Bimbingan kedisiplinan harus mencakup perencanaan jadwal harian yang teratur untuk kegiatan penghafalan Al-Qur'an. Santri harus memiliki jadwal yang jelas untuk membagi waktu antarap enghafalan, revisi, dan pemahaman Al-Qur'an. Selain bimbingan eksternal, santri penghafal Al-Qur'an juga harus membangun disiplin pribadi. Santri penghafal Al-Quran perlu memiliki tekad, motivasi, dan tanggung jawab diri sendiri untuk menjaga jadwal penghafalan, menghindari gangguan, dan tetap fokus dalam menghafal Al-Qur'an. Kata Kunci: Bimbingan, Kedisiplinan, Santri, Menghafal Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Kedisiplinan, Santri, Menghafal Al Qur'an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.08 Sejarah dan deskripsi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muriyah Muriyah sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:51
Last Modified: 01 Feb 2024 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23568

Actions (login required)

View Item View Item