PENGARUH GRATIS ONGKIR, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran)

Veni, Restyawati (2024) PENGARUH GRATIS ONGKIR, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH GRATIS ONGKIR, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran) Veni Restyawati NIM. 1817201166 E-mail : [email protected] Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Perilaku pelanggan saat ini berubah dari membeli melalui offline shop menjadi membeli melalui online shop atau marketplace hal ini dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi. Perubahan tersebut mempengaruhi keputusan konsumen saat membeli produk. Maraknya belanja online sudah masuk ke dunia pesantren seperti pada Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran yang membolehkan santrinya melakukan belanja online namun harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh gratis ongkir terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee; (2) Pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee; (3) Pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee;(4) Pengaruh gratis ongkir, online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 172 sampel yang merupakan santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria Santri angkatan 2018-2022 Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Amin Pabuaran, pernah melakukan pembelian online pada aplikasi Shopee. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gratis ongkir berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian online customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Serta gratis ongkir, online customer review dan online customer rating secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : gratis ongkir, online customer review, online customer rating, keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : gratis ongkir, online customer review, online customer rating, keputusan pembelian.
Subjects: 300 Social sciences > 310 General statistics
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Veni Restyawati sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:23
Last Modified: 29 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23556

Actions (login required)

View Item View Item