Umi, Rofikoh (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMUKA AGAMA DALAM MEMOTIVASI PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUNNISA DESA BESUKI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri.
Text
UMI ROFIKOH_STRATEGI KOMUNIKASI PEMUKA AGAMA DALAM MEMOTIVASI PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TAKLIM NURUNNISA DESA BESUKI KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menggali dan memahami secara mendalam strategi komunikasi yang diterapkan oleh para pemuka agama dalam rangka memotivasi masyarakat, khususnya jamaah majelis taklim Nurunnisa di Desa Besuki, untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam menjalankan perilaku sosial keagamaan. Dengan pendekatan ini, penelitian bertujuan untuk merinci, menganalisis, dan menguraikan secara komprehensif metode-metode komunikatif yang dipilih dan diterapkan oleh pemuka agama dalam merancang dan menyampaikan pesan-pesan keagamaan, serta memahami dampaknya terhadap tingkah laku dan partisipasi sosial jamaah. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif, di mana metode ini dipilih untuk menggali pemahaman mendalam terkait fenomena yang diteliti. Dalam proses pengumpulan data, penelitian menggunakan berbagai teknik, antara lain wawancara untuk mendapatkan pandangan langsung dari responden, observasi untuk mengamati perilaku atau kejadian secara langsung, serta dokumentasi untuk merinci dan menggambarkan aspek-aspek tertentu yang terdokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis data dilakukan melalui serangkaian langkah, termasuk reduksi data untuk mengorganisir dan menyederhanakan informasi yang diperoleh, penyajian data untuk memvisualisasikan temuan, dan penarikan kesimpulan untuk menyusun temuan menjadi suatu konklusi yang mendalam dan berbobot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemuka agama terdiri dari komunikasi interpersonal, kelompok, dan massa. Komunikasi interpersonal melibatkan dialog, konseling, dan bimbingan, sedangkan kelompok melibatkan pengajian, ceramah, dan diskusi. Komunikasi massa dilakukan melalui media sosial, pamflet, dan spanduk. Faktor-faktor yang memengaruhi strategi komunikasi pemuka agama melibatkan aspek internal dan eksternal. Dampak positif dari strategi komunikasi ini terlihat pada perilaku sosial keagamaan jamaah, termasuk peningkatan pengetahuan, kesadaran, ketaatan beragama, serta terjalinnya hubungan harmonis, toleran, dan solidaritas antar sesama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Pemuka Agama, Perilaku Sosial Keagamaan, Jamaah Majelis Taklim |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Umi Rofikoh sdri |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 09:03 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23537 |
Actions (login required)
View Item |