EFEKTIVITAS PROGRAM GERAKAN KOIN NU DI NU CARE-LAZISNU CILACAP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Diana, Fitrianingrum (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM GERAKAN KOIN NU DI NU CARE-LAZISNU CILACAP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Diana Fitrianingrum_Efektivitas Program Gerakan Koin NU Di NU Care-LAZISNU Cilacap dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Banyaknya lembaga Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) yang berkembang sudah banyak membantu menurunkan permasalahan sosial di Indonesia seperti rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya tingkat kesehatan, serta pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Terbukti oleh salah satu lembaga Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) di Kabupaten Cilacap yaitu NU Care-LAZISNU Cilacap, yang memiliki program penghimpunan dana infak yaitu program Gerakan Koin NU Cilacap (Gocap) yang setiap tahunnya mengalami peningkatan yang mana dari penghimpunan tersebut ditasarufkan ke 5 Pilar program. Di mana sudah banyak masyarakat yang terbantu baik bantuan modal usaha, biaya pendidikan, biaya pengobatan, bantuan renovasi masjid/musholla maupun bantuan bedah rumah, yang mana dari berbagai bantuan tersebut membuktikan bahwa program Gerakan Koin NU Cilacap (Gocap) dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, Manajemen Eksekutif Direktur, Divisi Fundraising Koin NU, Divisi Program dan Administrasi. Kemudian untuk teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber teknik dan waktu. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Gerakan Koin NU Cilacap yang ada di NU Care-LAZISNU Cilacap sudah dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan hasil yang telah peneliti lakukan bahwasannya Gerakan Koin NU ini sudah dapat dikatakan efektif dilihat dari lima indikator yang sudah sesuai dengan apa yang telah dijalankan oleh NU Care-LAZISNU Cilacap dan terkait kesejahteraan masyarakat peneliti menggunakan 8 indikator di mana sebuah program dapat dikatakan berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari adanya perubahan kondisi dari sebelum menerima bantuan dengan sesudah menerima bantuan melalui Program Gerakan Koin NU yang ada di NU Care-LAZISNU Cilacap. Hal tersebut juga tidak luput dari faktor pendukung dalam pelaksanaan program Gerakan Koin NU Cilacap dan juga dievaluasi oleh adanya tantangan dan solusi dalam pelaksanaannya sehingga program tersebut dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Gerakan Koin NU, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Diana Fitrianingrum sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:29
Last Modified: 26 Jan 2024 08:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item