ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PENABUNG PADA BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO PERIODE 2019-2022

Feni, Oktafiyani (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PENABUNG PADA BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO PERIODE 2019-2022. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FENI OKTAFIYANI 1917202129.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto merupakan salah satu lembaga keuangan perbankan syariah yang mempunyai 11 macam produk tabungan diantaranya: tabungan ABP, tabungan Basirah, tabungan Haji dan Umrah, tabungan Hari Depan, tabungan Pendidikan Plus, tabungan Pendidikan Satria, tabungan Qurban, tabungan Satria, tabungan THR, tabungan Ukhuwah, TabunganKu, terjadi peningkatan jumlah nasabah pada tahun 2022 pasca covid-19 yang menyebabkan penurunan jumlah nasabah pada tahun 2021. Padahal pada tahun 2019-2020 jumlah nasabah penabung mengalami peningkatan dan melebihi target jumlah nasabah yang ditentukan oleh BPRS BAS Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran digital melalui media sosial yang digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabah penabung pada BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto Periode 2019-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi yaitu dengan mendatangi kantor BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto serta mengamati media sosial BPR BAS Purwokerto. Metode kedua melalui wawancara dengan pihak yang terlibat diantaranya divisi SDM, dan tim marketing. Metode ketiga yaitu dokumentasi dengan mengumpulkan bukti-bukti dari data yang telah di kumpulkan. Selanjutnya data penulisan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto sudah melakukan strategi marketing melalui media sosial instagram dan facebook dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan, update tentang kebutuhan nasabah, mengikuti perkembangan teknologi, menyesuaikan kebutuhan nasabah serta strategi marketing lainnya seperti, jemput bola, dan word of mouth, dengan menggunakan strategi tersebut sehingga jumlah nasabah penabung dari tahun 2019- 2020 bertambah sebanyak 2.710 nasabah. Adapun penurunan jumlah nasabah pada tahun 2021 dampak dari adanya covid-19 sebanyak 773 nasabah, namun pada tahun 2022 jumlah nasabah dapat ditingkatkan kembali sebanyak 535 nasabah dengan upaya masif dan optimal dalam pemasaran produk yang dilakukan pihak BPRS BAS Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Feni Oktafiyani sdri
Date Deposited: 27 Jan 2024 15:29
Last Modified: 27 Jan 2024 15:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23520

Actions (login required)

View Item View Item