analisis strategi pengelolaan lahan parkir dalam perencanaan pembangunan untuk menciptakan good governance di kabupaten banyumas (studi kasus dinas perhubungan, bappeda dan badan keuangan dan aset daearah)

Iip Parikesit, Arumbinang Rahman (2024) analisis strategi pengelolaan lahan parkir dalam perencanaan pembangunan untuk menciptakan good governance di kabupaten banyumas (studi kasus dinas perhubungan, bappeda dan badan keuangan dan aset daearah). Skripsi thesis, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
iip parikesit arumbinang rahman_Analisis strategi pengelolaan lahan parkir dalam perencanaan pembangunan untuk menciptakan good governance di kabupaten banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jumlah kendaraan setiap tahun makin meningkat,melihat hal tersebut maka pemenuhan lahan parkir pun semakin banyak dan peningkatan fasilitas harus dimaksimalkan,akan tetapi praktik yang terjadi dikalangan masyarakat masih perlu ditingkatkan. Sehingga tidak adanya praktik juru parkir liar yang mengganggu kenyamanan pengendara dan masih banyak fasilitas publik yang dijadikan lahan parkir liar hal tersebut sangat merugikan dari sisi masyarakat dan pemerintah,ketika pemerintah dapat memaksimalkan lahan-lahan parkir yang tersedia maka pendapatan asli daerah dapat maksimal dengan retribusi pajak parkir yang dapat dikelola untuk kebutahan yang lain. Maka perlu adanya strategi pengelolaan lahan parkir yang baik dan penerapan konsep good governance dalam tata kelolanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data akan dianalisis dengan tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah terakhir data akan di uji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian Strategi Pengelolaan Lahan Parkir Dalam Perencanaan Pembangunan Untuk Menciptakan Good Governance Di Kabupaten Banyumas masih perlu peningkatan. hal ini dibuktikan dengan adanya monitoring yang melakukan program fasilitasi untuk standarisasi juru parkir disetiap lahan yang dikelola pemerintah daerah dengan peningkatan disetiap tahunnya akan tetapi jumlah targetnya masih sedikit dibandingkan jumlah juru parkir dan lahan parkir yang banyak. Dalam hasil penelitian sudah banyak program yang dilaksanakan dan perencaan tata kota beserta lahan parkirnya oleh pemerintah daerah memiliki peran yang sangat penting dalam upaya untuk mengoptimalkan pelayanan ruang publik yang dinikmati oleh masyarakat menurut perpektif pihak pemerintah daerah berbeda yang dirasakan oleh masyarakat secara umum masih banyak yang perlu di benahi dan dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Parkir, Perencanaan Pembangunan, Good Governance
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iip parikesit arumbinang rahman sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:11
Last Modified: 26 Jan 2024 09:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23516

Actions (login required)

View Item View Item