PANDANGAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERGAULAN SETELAH KHITBAH (Studi Kasus Di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga)

Indra Mustofa, Ni'am (2024) PANDANGAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERGAULAN SETELAH KHITBAH (Studi Kasus Di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indra Mustofa Ni'am_Pandangan Tokoh Agama Terhadap Pergaulan Setelah Khitbah (Studi Kasus Di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khitbah adalah permintaan seorang pria kepada seorang wanita tertentu secara langsung untuk memperistrinya atau kepada walinya dengan menjelaskan hal dirinya dan pembicaraan mereka mengenai harapan-harapannya dan harapan mereka mengenai perkawinan Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana pandangan tokoh agama terhadap pergaulan setelah khitbah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pandangan tokoh agama terhadap pergaulan setelah khitbah. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari lapangan. Sumber data primer, dari dokumentasi dan wawancara. Sekunder dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku, jurnal, dan artikel yang berhubungan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini adalah pandangan tokoh agama terhadap pergaulan setelah khitbah perspektif hukum Islam pada Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Pubalingga, pandangan tokoh agama terhadap pergaulan setelah khitbah memang masih belum sesuai dengan yang diajarkan syari’at Islam, karena masih ada yang berduaan, berkhalwat tanpa adanya pengawasan serta tidak ditemani dengan mahramnya, dan itu tidak diperbolehkan menurutnya. Setelah adanya pandangan dari tokoh agama yang telah dijelaskan maka demikian itu sudah benar menurut Islam, tidak diperbolehkan. Tetapi untuk tokoh agama ada benarnya terkait jangan mendekati zina, dan untuk hal lainnya itu tidak dibenarkan dalam Islam karena tetap bukan mahramnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Khitbah, Peminangan, Pegaulan, Tokoh Agama.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: INDRA MUSTOFA NI'AM sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:05
Last Modified: 26 Jan 2024 09:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item