SEJARAH PERKEMBANGAN DINASTI SALJUK PADA MASA PEMERINTAHAN SULTAN BARKIYARUQ BIN MALIKSYAH (1094-1105 M)

Ikromatun, Nisa (2024) SEJARAH PERKEMBANGAN DINASTI SALJUK PADA MASA PEMERINTAHAN SULTAN BARKIYARUQ BIN MALIKSYAH (1094-1105 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKROMATUN NISA_Sejarah Perkembangan Dinasti Saljuk pada masa Pemerintahan Sultan Barkiyaruq bin Maliksyah (1094-1105 M)_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemerintahan Sultan Barkiyaruq bin Maliksyah pada masa Dinasti Saljuk (1094-1105 M) dan menganalisis kebijakan dalam mengembangkan Dinasti Saljuk (1094-1105 M). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemerintahan yang dikemukakan oleh Thomas Hobbs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yang metode penelitiannya menggunakan metode penelitian sejarah. Untuk sumber primernya menggunakan Buku Bangkit dan Runtuhnya Daulah Bani Saljuk oleh Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dengan sumber sekundernya adalah The Cambridge History of Iran Volume 5 editor J.A. Boyle. Langkah-langkah dalam metode penelitian sejarah meliputi: pemilihan topik, pengumpulan data atau sumber (heuristik), melakukan kritik terhadap data atau sumber yang dikumpulkan (verifikasi), analisis (interpretasi) dan penulisan (historiografi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, Sultan Barkiyaruq bin Maliksyah adalah Sultan dari Dinasti Saljuk yang memimpin pada tahun 1094-1105 Masehi dan Sultan naik tahta di usia muda yakni 13 tahun. Masa pemerintahannya dilanda kekacauan dan perang saudara. Kedua, sultan Barkiyaruq bin Maliksyah dalam kebijakannya mendukung terhadan perkembangan ilmu pengetahuan dan Pendidikan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan seni budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinasti Saljuk, Pemerintahan, Sultan Barkiyaruq bin Maliksyah.
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ikromatun Nisa sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:28
Last Modified: 26 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23513

Actions (login required)

View Item View Item