Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wonosobo Mealui Pemanfaatan Komoditas Kopi (Studi Kasus pada Asosiasi Kopi Asli Wonosobo)

Fira, Nisa (2024) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wonosobo Mealui Pemanfaatan Komoditas Kopi (Studi Kasus pada Asosiasi Kopi Asli Wonosobo). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
es_Fira nisa Khumairo_1917201137.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu proses penting disetiap kehidupan manusia, dimana di dalamnya terdapat proses yang panjang. Dimana dalam proses tersebut harus dilakukan dari semua sektor. Dengan adanya pemberdayaan diharapkan masyarakat yang sudah diberdayakan mampu memperbaiki kualitas hidup dan mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari secara mandiri. Dimana upaya-upaya pemberdayaan masyarakat merujuk pada tingkatan keterampilan dan kemampuan manusia, khususnya kepada kelompok yang rentan dan lemah, yang kemudian menjadikan mereka memiliki suatu keterampilan atau kemampuan serta kekuatan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas ASKAWON melalui pemanfaatan Komoditas kopi di Wonosobo dan faktor yang menghambat pemberdayaan serta kesejahteraan petani kopi di Wononoso atau kehidupan dan perekonomian masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik analisis menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang dilakukan oleh komunitas Asosiasi Kopi Asli Wonosobo dan komunitas yang telah menerapkan prinsip keadilan, prinsip persamaan, prinsip tolong-menolong dan juga prinsip partisipasi. Dimana prinsip tersebut sudah sesuai dengan prinsip pemberdayaan ekonomi masyarakatmenurut perspektif Islam . Kata Kunci: Pemberdayaan, Komoditas Kopi, komunitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Komoditas Kopi, Komunitas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fira Nisa Khumairo
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:17
Last Modified: 29 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23500

Actions (login required)

View Item View Item