PENGARUH PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 5 PENGADEGAN PURBALINGGA

amelia, dwi eryanti (2024) PENGARUH PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 5 PENGADEGAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia Dwi Eryanti_Pengaruh Platform Merdeka (PMM) Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 5 Pengadegan Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan dan perubahan kurikulum diharapkan dapat membentuk generasi yang berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif dan kolaboratif. Sehingga diciptakan sebuah platform untuk mengembangkan potensi dan keterampilan pendidik terutama dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yaitu Platform Merdeka Mengajar (PMM) . Penelitian ini berjudul “Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 5 Pengadegan Purbalingga“. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 5 Pengadegan Purbalingga. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 34 responden yaitu di kelas II, IV dan V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 5 Pengadegan Purbalingga memiliki kriteria tinggi dengan presentase 67,6%. 2) terdapat pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka dibuktikan dengan besarnya pengaruh antar kedua variabel sebesar 47,2%. 3) nilai signifikansi 0,000<0,05 yang dapat diartikan Ho ditolak maka terdapat pengaruh yang positif antara Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 5 Pengadegan Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AMELIA DWI ERYANTI sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:24
Last Modified: 26 Feb 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

View Item View Item