HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH ANGKATAN 2019 YANG BEKERJA

Izzatun, Nutfah (2024) HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH ANGKATAN 2019 YANG BEKERJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IZZATUN NUTFAH_HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH ANGKATAN 2019 YANG BEKERJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat self-efficacy mahasiswa yang bekerja terhadap penyelesaian skripsi (2) berapa besar hubungan self-efficacy terhadap penyelesaian skripsi pada mahasiswa yang bekerja. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir fakultas dakwah angkatan 2019 yang bekerja dan dalam proses penyelesaian skripsi, sebanyak 26 sampel dari 52 populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif korelasi , untuk melihat hubungan self-efficacy terhadap penyelesaian skripsi, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan persamaan Y = a+bX. Hasil penelitian ini didapatkan Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN SAIZU yang bekerja dan sedang dalam proses penyelesaian skripsi mayoritas memiliki tingkat self-efficacy sedang dengan presentase 76,9% sedangkan sisanya berada pada tingkat self-efficacy tinggi dengan presentase 15,4% dan pada tingkat self-efficacy rendah dengan presentase 7,7%. Hasil analisa persamaan regresi Y = 3,200 + 0,147X. Hasil penelitian ini menunjukkan self-efficacy berhubungan secara signifikan terhadap penyelesaian skripsi yang ditunjukkan nilai thitung (4.814) > ttabel (2,056), atau signifikan t lebih kecil dari 5% (0,05), diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 sehingga 0,001 < 0,05. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa dengan menambah 1% nilai self-efficacy, nilai penyelesaian skripsi meningkat 0,147, menurut prediksi koefisien regresi X sebesar 0,147. Arah hubungan variabel X terhadap Y adalah positif, karena koefisien regresinya positif. Koefisien determinasi R Square sebesar 0,491 menunjukkan bahwa self-efficacy berhubungan penyelesaian skripsi sebesar 49,1%, dan variabel lain yang diluar peneliti teliti berhubungan 50,9%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy maka penyelesaian skripsi semakin ringan, begitupun sebaliknya semakin rendah self-efficacy maka penyelesaian skripsi semakin rumit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat self-efficacy mahasiswa dominan kategori sedang yang artinya sebagian besar mahasiswa yang menjadi sampel penelitian cukup yakin dengan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sulit dan cukup mampu menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Self-efficacy berhubungan secara signifikan terhadap penyelesaian skripsi dan masuk ke kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Penyelesaian Skripsi, Mahasiswa Bekerja
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Izzatun Nutfah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:22
Last Modified: 26 Jan 2024 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item