PENGARUH KUALITAS PRODUK, RELIGIUSITAS,DAN LABEL HALAL TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT PADA PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS PELANGGAN MIE GACOAN TEGAL)

Arin, Nuraya Azkiya (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, RELIGIUSITAS,DAN LABEL HALAL TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT PADA PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS PELANGGAN MIE GACOAN TEGAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ARIN NURAYA AZKIA_PENGARUH KUALITAS PRODUK, RELIGUSITAS, DAN LEBEL HALAL TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT PADA PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS PELANGGAN MIE GACOAN TEGAL).pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di bidang kuliner yang semakin ketat membuat para pengusaha berinovasi dan berusaha meningkatkan kualitas produknya. Baik dari standar kesehatan ataupun syariat agama (halal).Bertujuan menciptakan rasa aman, kenyamanan, dan memberi perlindungan hukum bagi konsumen serta dapat meningkatkan kesadaran konsumen menjadi lebih kritis terhadap apa yang akan mereka konsumsi. Sesuai dengan UU No 33 Tahun 2014 yang dikeluarkan oleh BPJPH tentang sertifikasi makanan halal. Dimana semua pemiliki usaha harus memiliki produk yang telah memiliki logo halal. Sebuah perusahaan makanan cepat saji yang memiliki nama Mie Gacoan berdiri pada tahun 2016. Mie Gacoan digemari segala kalangan karena menyajikan menu dengan berbagai level kepedasan yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau dan juga penamaan dari setiap menu menggunakan nama nama yang unik. Karena penamaan menu yang beda dari yang lain tersebut lah sempat menjadi perbincangan dimasyarakat yang mempertanyakan tentang kehalalan produk Mie Gacoan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Dengan Teknik sampling non probability sampling dan menggunakan pendekatan purposive sampling yang melibatkan sebanyak 100 responden. Analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda,uji t, uji f, dan koefisien dterminasi (R2) dengan IBM SPSS 23. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,religiuisitas,dan label halal terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal di Mie Gacoan Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk,Religusitas,dan Label Halal secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Kesadaran Masyarakat pada produk makanan halal di Mie Gacoan Tegal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, Religiusitas, Label Halal, Kesadaran Masyarakat
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arin Nuraya Azkiya sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:06
Last Modified: 26 Jan 2024 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item