ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN BAGI GENERASI MILENIAL

Wasilatur, Rizqiyah (2024) ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN BAGI GENERASI MILENIAL. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wasilatur Rizqiyah_Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Sosial Dalam Memberikan Pemahaman Keislaman Bagi Generasi Milenial.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk memahami, menganalisis, dan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media sosial dalam memberikan pemahaman keislaman bagi generasi milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk menggambarkan suatu kenyataan ataupun mengetahui topik yang diteliti oleh peneliti. Hal tersebut dapat diketahui bahwasanya penelitian kualitatif adalah penelitian yang sifatnya alamiah dengan hasil datanya berupa deskripsi tanpa menggunakan hitungan matematik atau sesuatu yang dapat diukur. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis konten yang ada dalam aplikasi TikTok dan juga wawancara melalui kuesioner yang dibagikan melalui googleform. Hasil dari penelitian ini adalah melihat konten-konten Islami yang ada dalam aplikasi TikTok dan melihat komentar yang menunjukan kemanfaatan dari konten Islami tersebut bagi penontonya. Selain itu penulis juga membuat kuesioner pertanyaan terkait pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai sumber belajar Islami yang dibagikan melaui googleform, dari hasil data yang didapat menunjukan bahwa banyak yang memberi jawban bahwa mereka merasa mendapatkan manfaat dari melihat konten-konten Islami yang ada dalam aplikasi TikTok serta banyak yang memberi alasana positif kenapa mereka melihat konten-konten Islami yang ada dalam aplikasi TikTok. Kata kunci:Aplikasi TikTok, Media Sosisal, Pemahaman Keislaman, Generasi Milenial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Media Sosisal, Pemahaman Keislaman, Generasi Milenial
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wasilatur Rizqiyah sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:41
Last Modified: 29 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item