PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL ANAK USIA DINI PADA LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA KEDUNGRANDU

Dwi Nurtika, Putri (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL ANAK USIA DINI PADA LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA KEDUNGRANDU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI NURTIKA PUTRI_PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL ANAK USIA DINI PADA LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA KEDUNGRANDU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Setiap anak memiliki life skill. Meskpun demikian, life skill anak dapat lebih dikembangkan melalui peran orang tua dalam lingkungan keluarga. Peran orang tua ini sangat signifikan terhadap pengembangan life skill anak. Landasan ini yang menjadi alasan dilakukannya penelitian terkait peran orang tua dalam mengembangkan life skill anak usia dini pada lingkungan keluarga di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis peran orang tua dalam mengembangkan life skill anak usia dini di lingkungan keluarga di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang berbentuk penelitian lapangan atau field research. Adapun subyek penelitian ini adalah 10 orang tua anak di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, sedangkan obyek penelitiannya adalah peran orang tua dalam mengembangkan life skill pada lingkungan keluarga. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan life skill di lingkungan keluarga dapat meningkatkan kemandirian dan keberanian berpendapat anak. Selain itu, peran orang tua juga dapat memotivasi dan memberikan keteladanan sehingga anak menjadi lebih semangat belajar dan mengembangkan potensinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: life skill, peran orang tua, keluarga, kemandirian, keberanian berpendapat.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dwi Nurtika Putri sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:45
Last Modified: 26 Jan 2024 08:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item View Item