KOMUNIKASI INTERPERSONAL DA’I DALAM PEMBINAAN AKHLAK JAMA’AH DI MAJLIS TAKLIM Al KHOERIYYAH DESA KEMUTUG LOR KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

ELFALINA, FAROKH (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DA’I DALAM PEMBINAAN AKHLAK JAMA’AH DI MAJLIS TAKLIM Al KHOERIYYAH DESA KEMUTUG LOR KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text
Elfalina Farokh_KOMUNIKASI INTERPERSONAL DA’I DALAM PEMBINAAN AKHLAK JAMA’AH DI MAJLIS TAKLIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal sangat perlu dilakukan dalam pengembangan akhlak di Desa Kemutug lor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Komunikasi berasal dari kata communicare yang di dalam Bahasa latin mempunyai arti berpartisipasi atau berasal dari kata commonness yang berarti sama sama comm..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan pola komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh dai dalam penyampaian pesan dakwah pada masyarakat Desa Kemutug lor. Subyek penelitian ini adalah dai yang menyampaikan dakwah di Desa Kemutug lor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan kata kata atau kalimat dari individu, buku. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi tentang kegiatan yang dilaksanakan di Majelis Taklim Al Khoeriyyah.Penelitian kualitatif adalah penelitian yang temuan temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lain. Berdasarkan pandangan tersebut, penelitian kualitatif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mencari sebuah fakta, kemudian memberikan penjelasan terkait “ Komunikasi Interprsonal Dai Dalam Pembinaan Akhlak Di Majlis Taklim Al Khoeriyyah Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.” Penelitian ini menyimpulkan bahwa Dai berusaha menyesuaikan materi sesuai dengan usia jama’ah dan melakukan pendekatan untuk memahami kebutuhan atau pembelajaran yang tepat. Dai menciptakan suasana pembelajaran yang santai dan menyenangkan dengan melibatkan jama’ah dalam sesi tanya jawab, games dan candaan yang sesuai dengan materi. Pendakwah juga memberikan apresiasi kepada jama’ah yang berani mengutarakan pertanyaan dengan memberikan doorprice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Interpersonal, Dai, Pembinaan, Akhlak, Jama’ah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elfalina Farokh sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:15
Last Modified: 01 Feb 2024 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item