PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PETA KONSEP BERGAMBAR PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA/SMK

Vera, Wardani (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PETA KONSEP BERGAMBAR PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA/SMK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vera Putri Kusuma W_Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Peta Konsep Bergambar pada Materi Eksponen dan Logaritma untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang mengharuskan dimiliki oleh peserta didik untuk dikembangkan oleh siswa agar dapat memperlihatkan suatu hubungan matematika secara internal dan eksternal dalam kehidupan sehari-hari. Adanya peran penting pada kemampuan tersebut maka diperlukan strategi untuk dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada peserta didik. Salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai faktor pendukung dalam proses pembelajaran siswa adalah bahan ajar. Bahan ajar yang baik tentu akan mendukung pembelajaran yang lebih baik. Pada bahan ajar ini, peneliti menggunakan salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengembangan bahan ajar berupa bahan ajar handout berbasis peta konsep bergambar pada materi eksponen dan logaritma yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar (handout) berbasis peta konsep bergambar yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas X sekolah menengah kejuruan pada materi eksponen dan logaritma dengan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis peta konsep bergambar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagaimana hasil validasi ahli penyajian produk dan bahasa sebesar 91,1% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli materi sebesar 91,1% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian siswa uji coba kelompok kecil sebesar 87% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian siswa uji coba luas sebesar 90% dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya bahan ajar matematika bebasis peta konsep bergambar dinyatakan efektif meningkatkan koneksi matematis siswa kelas X SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas. Hal ini terlihat dari skor N-Gain kelas eksperimen 0,62 lebih besar dari N-Gain kelas kontrol yaitu 0,46.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Koneksi Matematis, Peta Konsep Bergambar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Vera Putri Kusuma Wardani sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:44
Last Modified: 26 Jan 2024 08:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item