UPAYA GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI IMAN, TAQWA DAN AKHLAK MULIA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI RA MASYITHOH 31 KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

Astini, Astini (2024) UPAYA GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI IMAN, TAQWA DAN AKHLAK MULIA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI RA MASYITHOH 31 KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Astini_Upaya Guru dalam Menginternalisasi Nilai Iman, Taqwa dan Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Keagamaan di RA Masyithoh 31 Karangrau Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang upaya guru dalam menginternalisasi nilai iman, taqwa dan akhlak mulia melalui kegiatan keagamaan di RA Masyithoh 31 Karangrau Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Nilai iman, taqwa dan akhlak mulia sangat baik dibiasakan, ditanamkan, diupayakan oleh guru kepada anak usia dini melalui kegiatan keagamaan di lembaga Pendidikan khususnya RA (Raudhlothul Athfal) guna menjadikan dan membentuk anak menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Penelitian yang di lakukan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan proses yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam menginternalisasi nilai iman, taqwa dan akhlak mulia melalui kegiatan keagamaan di RA Masyithoh 31 Karangrau Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas menggunakan metode pembiasaan, metode bercerita, metode bernyanyi, metode bermain dan metode keteladanan. Kegiatan upaya guru dalam menginternalisasi nilai iman, taqwa dan akhlak mulia melalui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam kegiatan perencanaan guru membuat jadwal kegiatan belajar mengajar dan membuat target yang harus dicapai oleh anak didik dalam satu tahun. Target yang dibuat meliputi target hafalan suratan pendek, hadits-hadits dan do’a-do’a. Pelaksanaan kegiatan keagamaan dilaksanakan setiap hari. Guru juga membuat penilaian kegiatan keagamaan berupa narasi yang dilakukan dalam akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, nilai iman, taqwa dan akhlak mulia
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ASTINI ASTINI sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:16
Last Modified: 26 Jan 2024 08:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item