PENJATUHAN SANKSI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG PERSPEKTIF FIQH JINAYAH (Studi Putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn)

Siti, Nurrohmah (2024) PENJATUHAN SANKSI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG PERSPEKTIF FIQH JINAYAH (Studi Putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn). Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nurrohmah_Penjatuhan Sanksi Terhadap Pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang Perspektif Fiqh Jinayah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perdagangan orang merupakan salah satu persoalan pidana yang mana dalam fiqh jinayah juga termasuk salah satu bentuk jarimah. Perdagangan orang merupakan suatu yang bertentangan dengan hukum dan masuk dalam rumusan delik sebagaimana Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Dengan demikian perdagangan orang yang dimaksud dalam Putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn. yaitu pemberian sanksi terhadap kasus perdagangan orang ini adalah berbeda dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjatuhan sanksi pidana dalam tindak pidana perdagangan orang dan perspektif fiqh jinayah terhadap tindak pidana perdagangan orang dalam putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, penelitian yang lebih menekankan pada kualitas analisis atau deskriptif. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi yaitu teknik pengumpula data dengan cara mencari atau menggali data sesuai objek penelitian. Dan analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu analisis Putusan Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn. yang bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang dianalisis. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sanksi denda pada tindak pidana perdagangan orang dalam putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn masih sangat ringan. Berdasarkan fiqh jinayah, tindak pidana perdagangan orang pada putusan Nomor: 419/Pid.Sus/2020/PN.Smn termasuk jarimah ta’zir karena pada al-Quran dan hadits yang menjelaskan tentang larangan perdagangan orang tidak disebutkan kadar dan jenis hukumannya. Kata kunci: Sanksi, Perdagangan Orang, Fiqh Jinayah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanksi, Perdagangan Orang, Fiqh Jinayah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 349 Law of specific jurisdictions and areas
300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: SITI NURROHMAH sdri
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:56
Last Modified: 29 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23476

Actions (login required)

View Item View Item